Administrasi Kelas - LEMBAR PENILAIAN SIKAP

Saya mau share beberapa file keguruan waktu saya dulu masih mengajar di SD. Semoga bisa bermanfaat bagi para guru yang sedang cari referensi untuk kelengkapan administrasi keguruan.

1

LEMBAR PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL PESERTA DIDIK

 

Nama

:

 

Kelas

:

 

Semester

:

 

Tahun Pelajaran

:

 

Petunjuk: Berilah tanda centang (√) pada kolom “Amat Baik” , “Baik”, “Cukup Baik” atau “Perlu Bimbingan”sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.

Sikap

Indikator

Amat Baik

(91-100)

Baik

(81-90)

Cukup Baik

(71-80)

Perlu Bimbingan

(60-70)

Ketaatan beribadah          

·   Perilaku patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya

92

 

 

 

·   Mau mengajak teman seagamanya untuk melakukan ibadah bersama

 

 

 

 

·   Mengikuti kegiatan keagamaan yang diselenggarakan sekolah

 

 

 

 

·   Melaksanakan ibadah sesuai ajaran agama, misalnya: shalat dan puasa

 

 

 

 

·   Merayakan hari besar agama

 

 

 

 

·   Melaksanakan ibadah tepat waktu

 

 

 

 

Berperilaku syukur

·   Mengakui kebesaran Tuhan dalam menciptakan alam semesta

 

90

 

 

·   Menjaga kelestarian alam, tidak merusak tanaman

 

 

 

 

·   Tidak mengeluh

 

 

 

 

• Selalu merasa gembira dalam segala hal

 

 

 

 

• Tidak berkecil hati dengan keadaannya

 

 

 

 

• Suka memberi atau menolong sesama

 

 

 

 

• Selalu berterima kasih bila menerima pertolongan

 

 

 

 

·   Menerima perbedaan karakteristik sebagai anugerah Tuhan

 

 

 

 

·   Selalu menerima penugasan dengan sikap terbuka

 

 

 

 

·   Berterima kasih atas pemberian orang lain

 

 

 

 

Berdoa sebelum dan sesudah melakukan

kegiatan

·   Berdoa sebelum dan sesudah belajar

91

 

 

 

·   Berdoa sebelum dan sesudah makan

 

 

 

 

·   Mengajak teman berdoa saat memulai kegiatan

 

 

 

 

·   Mengingatkan teman untuk selalu berdoa

 

 

 

 

Toleransi dalam

beribadah

·   Tindakan yang menghargai perbedaan dalam beribadah

 

85

 

 

·   Menghormati teman yang berbeda agama

 

 

 

 

·   Berteman tanpa membedakan agama

 

 

 

 

·   Tidak mengganggu teman yang sedang beribadah

 

 

 

 

·   Menghormati hari besar keagamaan lain

 

 

 

 

·   Tidak menjelekkan ajaran agama lain.

 

 

 

 

Rata-rata (Modus) Keempat Sikap Spiritual

“Amat Baik”/”Baik”/”Cukup Baik”/Perlu Bimbingan *)

 

Keterangan: *) Coret yang tidak perlu                          Bandung, ……………………………

                                                                             Guru PABP

                                                                             ___________________________

                                                                             NIP/NUPTK: ……………………………

2

LEMBAR PENILAIAN SIKAP SOSIAL PESERTA DIDIK

 

Nama

:

 

Kelas

:

 

Semester

:

 

Tahun Pelajaran

:

 

Petunjuk: Berilah tanda centang (√) pada kolom “Amat Baik” , “Baik”, atau “Cukup Baik” sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.

Sikap

Indikator

Amat Baik

(91-100)

Baik

(81-90)

Cukup Baik

(71-80)

Perlu Bimbingan

(60-70)

 

Jujur

merupakan perilaku yang didasarkan pada

upaya menjadikan

dirinya sebagai orang yang selalu dapat dipercaya, selaras dalam

perkataan dan tindakan

• Tidak berbohong

 

 

 

 

 

• Tidak mencontek

 

 

 

 

 

• Mengerjakan sendiri tugas yang diberikan pendidik, tanpa menjiplak tugas orang lain

 

 

 

 

 

• Mengerjakan soal penilaian tanpa mencontek

 

 

 

 

 

• Mengatakan dengan sesungguhnya apa yang terjadi atau yang dialaminya dalam kehidupan sehari-hari

 

 

 

 

 

·   Mau mengakui kesalahan atau kekeliruan

 

 

 

 

 

·   Mengembalikan barang yang dipinjam atau ditemukan

 

 

 

 

 

·   Mengemukakan pendapat sesuai dengan apa yang diyakininya, walaupun berbeda dengan pendapat teman

 

 

 

 

 

·   Mengemukakan ketidaknyamanan belajar yang dirasakannya di sekolah

 

 

 

 

 

·   Membuat laporan kegiatan kelas secara terbuka (transparan)

 

 

 

 

 

Disiplin

merupakan tindakan

yang menunjukkan

perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan

dan peraturan

• Mengikuti peraturan yang ada di sekolah

 

 

 

 

 

• Tertib dalam melaksanakan tugas

 

 

 

 

 

• Hadir di sekolah tepat waktu

 

 

 

 

 

• Masuk kelas tepat waktu

 

 

 

 

 

• Memakai pakaian seragam lengkap dan rapi

 

 

 

 

 

• Tertib mentaati peraturan sekolah

 

 

 

 

 

• Melaksanakan piket kebersihan kelas

 

 

 

 

 

• Mengumpulkan tugas/pekerjaan rumah tepat waktu

 

 

 

 

 

·   Mengerjakan tugas/pekerjaan rumah dengan baik

 

 

 

 

 

·   Membagi waktu belajar dan bermain dengan baik

 

 

 

 

 

·   Mengambil dan mengembalikan peralatan belajar pada tempatnya

 

 

 

 

 

·   Tidak pernah terlambat masuk kelas.

 

 

 

 

 

Tanggung jawab

merupakan sikap dan perilaku peserta didik

untuk melaksanakan

tugas dan kewajibannya,

yang seharusnya

dilakukan terhadap diri

·   Menyelesaikan tugas yang diberikan

 

 

 

 

 

·   Mengakui kesalahan

 

 

 

 

 

·   Melaksanakan tugas yang menjadi kewajibannya di kelas seperti piket kebersihan

 

 

 

 

 

·   Melaksanakan peraturan sekolah dengan baik

 

 

 

 

 

·   Mengerjakan tugas/pekerjaan rumah sekolah dengan baik

 

 

 

 

 

·   Mengumpulkan tugas/pekerjaan rumah tepat waktu

 

 

 

 

 

·   Mengakui kesalahan, tidak melemparkan kesalahan kepada teman

 

 

 

 

 

Sikap

Indikator

Amat Baik

(91-100)

Baik

(81-90)

Cukup Baik

71-80

Perlu Bimbingan

(60-70)

 

 

·   Berpartisipasi dalam kegiatan sosial di sekolah

 

 

 

 

 

·   Menunjukkan prakarsa untuk mengatasi masalah dalam kelompok di kelas/sekolah

 

 

 

 

 

·   Membuat laporan setelah selesai melakukan kegiatan.

 

 

 

 

 

Santun

merupakan perilaku

hormat pada orang lain

dengan bahasa yang

baik

·   Menghormati orang lain dan menghormati cara bicara yang tepat

 

 

 

 

 

·   Menghormati pendidik, pegawai sekolah, penjaga kebun, dan orang yang lebih tua

 

 

 

 

 

·   Berbicara atau bertutur kata halus tidak kasar

 

 

 

 

 

·   Berpakaian rapi dan pantas

 

 

 

 

 

·   Dapat mengendalikan emosi dalam menghadapi masalah, tidak marah-marah

 

 

 

 

 

·   Mengucapkan salam ketika bertemu pendidik, teman, dan orang-orang di sekolah

 

 

 

 

 

·   Menunjukkan wajah ramah, bersahabat, dan  tidak cemberut

 

 

 

 

 

·   Mengucapkan terima kasih apabila menerima bantuan dalam bentuk jasa atau barang dari orang lain

 

 

 

 

 

Peduli

merupakan sikap dan tindakan yang selalu

ingin memberi bantuan kepada orang lain atau masyarakat yang

membutuhkan

·   Ingin tahu dan ingin membantu teman yang kesulitan dalam pembelajaran, perhatian kepada orang lain

 

 

 

 

 

·   Berpartisipasi dalam kegiatan sosial di sekolah, misal: mengumpulkan sumbangan untuk membantu yang sakit atau kemalangan

 

 

 

 

 

·   Meminjamkan alat kepada teman yang tidak membawa/memiliki

 

 

 

 

 

·   Menolong teman yang mengalami kesulitan

 

 

 

 

 

·   Menjaga keasrian,  keindahan, dan kebersihan  lingkungan sekolah

 

 

 

 

 

·   Melerai teman yang berselisih (bertengkar)

 

 

 

 

 

·   Menjenguk teman atau pendidik yang sakit

 

 

 

 

 

·   Menunjukkan perhatian terhadap kebersihan kelas dan lingkungan sekolah.

 

 

 

 

 

Percaya diri merupakan

suatu keyakinan atas

kemampuannya sendiri  untuk melakukan

kegiatan atau tindakan

·   berani tampil di depan kelas

 

 

 

 

 

·   berani mengemukakan pendapat

 

 

 

 

 

·   berani mencoba hal baru

 

 

 

 

 

·   mengemukakan pendapat terhadap suatu topik atau masalah

 

 

 

 

 

·   mengajukan diri menjadi ketua kelas atau pengurus kelas lainnya

 

 

 

 

 

·   Mengajukan diri untuk mengerjakan tugas atau soal di papan tulis

 

 

 

 

 

·   Mencoba hal-hal baru yang bermanfaat

 

 

 

 

 

·   Mengungkapkan kritikan membangun terhadap karya orang lain

 

 

 

 

 

·   Memberikan argumen yang kuat untuk mempertahankan pendapat

 

 

 

 

 

 

 

 

Rata-rata (Modus) Keempat Sikap Sosial

“Amat Baik”/”Baik”/”Cukup Baik” /”Perlu Bimbingan*)

 

 

Keterangan: *) Coret yang tidak perlu                          Bandung, ……………………………

                                                                             Guru Kelas …..

 

 

                                                                             ___________________________

                                                                             NIP/NUPTK: ……………………………

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lembar Penilaian Diri Peserta didik

 

Nama           : ……………………………………

Kelas            : ……………………………………

Semester       : ……………………………………

Petunjuk: Berilah tanda centang (√) pada kolom “Ya” atau “Tidak” sesuai dengan keadaan yang sebenarnya

No.

Pernyataan

Ya

Tidak

1.

Saya selalu berdoa sebelum melakukan aktivitas

 

 

2.

Saya tidak mengganggu teman yang beragama lain ketika berdoa sesuai agamanya.

 

 

3.

Saya berani mengakui kesalahan saya

 

 

4.

Saya menyelesaikan tugas-tugas tepat waktu.

 

 

5.

Saya menghargai pendapat orang lain

 

 

6.

Saya mengembalikan barang yang  saya pinjam.

 

 

7.

Saya meminta maaf jika saya melakukan kesalahan.

 

 

8.

Saya datang ke sekolah tepat waktu.

 

 

9.

Saya mencium tangan orangtua sebelum berangkat sekolah

 

 

10.

 

 

 

Rata-rata (Modus) Keempat Sikap Kepribadian

 

   Keterangan : Dilakukan oleh Pendidik sekurang-kurangnya satu / dua kali setiap semester.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lembar Penilaian Antar Teman

 

Nama Teman Yang Dinilai : ……………………………………

Nama Penilai                           : ……………………………………

Kelas                            : ……………………………………

Semester                      : ……………………………………

Petunjuk: Berilah tanda centang (√) pada kolom “Ya” atau “Tidak” sesuai dengan keadaan yang sebenarnya

No.

Pernyataan

Ya

Tidak

1.

Teman saya selalu berdoa sebelum melakukan aktivitas.

 

 

2.

Teman saya tidak mengganggu teman yang be-ragama lain ketika berdoa sesuai agamanya.

 

 

3.

Teman saya berani mengakui kesalahannya.

 

 

4.

Teman saya menyelesaikan tugas-tugas tepat waktu.

 

 

5.

Teman saya menghargai pendapat orang lain

 

 

6.

Teman saya mengembalikan barang yang dia pinjam

 

 

7.

Teman saya meminta maaf ketika dia melakukan kesalahan.

 

 

8.

Teman saya datang ke sekolah tepat waktu.

 

 

9.

Teman saya mencium tangan guru ketika bertemu

 

 

10.

 

 

 

Rata-rata (Modus) Keempat Sikap Kepribadian

 

   Keterangan : Dilakukan oleh Pendidik sekurang-kurangnya satu / dua kali setiap semester.

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

My Spirit

SILABUS BAHASA SUNDA Kelas 1 SD KTSP