Administrasi Kelas - LEMBAR PENILAIAN SIKAP
1
Nama |
: |
|
Kelas |
: |
|
Semester |
: |
|
Tahun
Pelajaran |
: |
|
Petunjuk: Berilah tanda centang (√) pada kolom “Amat
Baik” , “Baik”, “Cukup Baik” atau “Perlu Bimbingan”sesuai dengan keadaan yang
sebenarnya.
Sikap |
Indikator |
Amat
Baik (91-100) |
Baik (81-90) |
Cukup
Baik (71-80) |
Perlu
Bimbingan (60-70) |
Ketaatan
beribadah |
·
Perilaku patuh dalam melaksanakan ajaran
agama yang dianutnya |
92 |
|
|
|
·
Mau mengajak teman seagamanya untuk melakukan
ibadah bersama |
|
|
|
|
|
·
Mengikuti kegiatan keagamaan yang
diselenggarakan sekolah |
|
|
|
|
|
·
Melaksanakan ibadah sesuai ajaran agama,
misalnya: shalat dan puasa |
|
|
|
|
|
·
Merayakan hari besar agama |
|
|
|
|
|
·
Melaksanakan ibadah tepat waktu |
|
|
|
|
|
Berperilaku syukur |
·
Mengakui
kebesaran Tuhan dalam menciptakan alam semesta |
|
90 |
|
|
·
Menjaga
kelestarian alam, tidak merusak tanaman |
|
|
|
|
|
·
Tidak
mengeluh |
|
|
|
|
|
• Selalu merasa
gembira dalam segala hal |
|
|
|
|
|
• Tidak berkecil hati dengan
keadaannya |
|
|
|
|
|
• Suka memberi atau menolong sesama |
|
|
|
|
|
• Selalu berterima
kasih bila menerima pertolongan |
|
|
|
|
|
·
Menerima
perbedaan karakteristik sebagai anugerah Tuhan |
|
|
|
|
|
·
Selalu
menerima penugasan dengan sikap terbuka |
|
|
|
|
|
·
Berterima
kasih atas pemberian orang lain |
|
|
|
|
|
Berdoa sebelum dan sesudah
melakukan kegiatan |
·
Berdoa
sebelum dan sesudah belajar |
91 |
|
|
|
·
Berdoa
sebelum dan sesudah makan |
|
|
|
|
|
·
Mengajak
teman berdoa saat memulai kegiatan |
|
|
|
|
|
·
Mengingatkan
teman untuk selalu berdoa |
|
|
|
|
|
Toleransi dalam beribadah |
·
Tindakan
yang menghargai perbedaan dalam beribadah |
|
85 |
|
|
·
Menghormati
teman yang berbeda agama |
|
|
|
|
|
·
Berteman
tanpa membedakan agama |
|
|
|
|
|
·
Tidak
mengganggu teman yang sedang beribadah |
|
|
|
|
|
·
Menghormati
hari besar keagamaan lain |
|
|
|
|
|
·
Tidak
menjelekkan ajaran agama lain. |
|
|
|
|
|
Rata-rata
(Modus) Keempat Sikap Spiritual |
“Amat Baik”/”Baik”/”Cukup
Baik”/Perlu Bimbingan *) |
|
Keterangan:
*) Coret yang tidak perlu Bandung,
……………………………
Guru
PABP
___________________________
NIP/NUPTK:
……………………………
2
Nama |
: |
|
Kelas |
: |
|
Semester |
: |
|
Tahun
Pelajaran |
: |
|
Petunjuk: Berilah tanda centang (√) pada kolom “Amat
Baik” , “Baik”, atau “Cukup Baik” sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.
Sikap |
Indikator |
Amat
Baik (91-100) |
Baik (81-90) |
Cukup
Baik (71-80) |
Perlu
Bimbingan (60-70) |
|
||
Jujur
merupakan perilaku
yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang
yang selalu dapat dipercaya, selaras dalam perkataan dan
tindakan |
• Tidak berbohong |
|
|
|
|
|
||
• Tidak mencontek |
|
|
|
|
|
|||
• Mengerjakan sendiri tugas yang
diberikan pendidik, tanpa menjiplak tugas orang lain |
|
|
|
|
|
|||
• Mengerjakan soal penilaian tanpa
mencontek |
|
|
|
|
|
|||
• Mengatakan dengan sesungguhnya
apa yang terjadi atau yang dialaminya dalam kehidupan sehari-hari |
|
|
|
|
|
|||
·
Mau
mengakui kesalahan atau kekeliruan |
|
|
|
|
|
|||
·
Mengembalikan
barang yang dipinjam atau ditemukan |
|
|
|
|
|
|||
·
Mengemukakan
pendapat sesuai dengan apa yang diyakininya, walaupun berbeda dengan pendapat
teman |
|
|
|
|
|
|||
·
Mengemukakan
ketidaknyamanan belajar yang dirasakannya di sekolah |
|
|
|
|
|
|||
·
Membuat
laporan kegiatan kelas secara terbuka (transparan) |
|
|
|
|
|
|||
Disiplin merupakan tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan
patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan |
• Mengikuti peraturan
yang ada di sekolah |
|
|
|
|
|
||
• Tertib dalam
melaksanakan tugas |
|
|
|
|
|
|||
• Hadir di sekolah
tepat waktu |
|
|
|
|
|
|||
• Masuk kelas tepat
waktu |
|
|
|
|
|
|||
• Memakai pakaian
seragam lengkap dan rapi |
|
|
|
|
|
|||
• Tertib mentaati
peraturan sekolah |
|
|
|
|
|
|||
• Melaksanakan piket
kebersihan kelas |
|
|
|
|
|
|||
• Mengumpulkan
tugas/pekerjaan rumah tepat waktu |
|
|
|
|
|
|||
·
Mengerjakan
tugas/pekerjaan rumah dengan baik |
|
|
|
|
|
|||
·
Membagi
waktu belajar dan bermain dengan baik |
|
|
|
|
|
|||
·
Mengambil
dan mengembalikan peralatan belajar pada tempatnya |
|
|
|
|
|
|||
·
Tidak
pernah terlambat masuk kelas. |
|
|
|
|
|
|||
Tanggung jawab merupakan sikap dan perilaku
peserta didik untuk melaksanakan tugas dan
kewajibannya, yang seharusnya dilakukan terhadap
diri |
·
Menyelesaikan
tugas yang diberikan |
|
|
|
|
|
||
·
Mengakui
kesalahan |
|
|
|
|
|
|||
·
Melaksanakan
tugas yang menjadi kewajibannya di kelas seperti piket kebersihan |
|
|
|
|
|
|||
·
Melaksanakan
peraturan sekolah dengan baik |
|
|
|
|
|
|||
·
Mengerjakan
tugas/pekerjaan rumah sekolah dengan baik |
|
|
|
|
|
|||
·
Mengumpulkan
tugas/pekerjaan rumah tepat waktu |
|
|
|
|
|
|||
·
Mengakui
kesalahan, tidak melemparkan kesalahan kepada teman |
|
|
|
|
|
|||
Sikap |
Indikator |
Amat
Baik (91-100) |
Baik (81-90) |
Cukup
Baik 71-80 |
Perlu
Bimbingan (60-70) |
|
||
|
·
Berpartisipasi
dalam kegiatan sosial di sekolah |
|
|
|
|
|
||
·
Menunjukkan
prakarsa untuk mengatasi masalah dalam kelompok di kelas/sekolah |
|
|
|
|
|
|||
·
Membuat
laporan setelah selesai melakukan kegiatan. |
|
|
|
|
|
|||
Santun merupakan perilaku hormat pada orang
lain dengan bahasa yang baik |
·
Menghormati
orang lain dan menghormati cara bicara yang tepat |
|
|
|
|
|
||
·
Menghormati
pendidik, pegawai sekolah, penjaga kebun, dan orang yang lebih tua |
|
|
|
|
|
|||
·
Berbicara
atau bertutur kata halus tidak kasar |
|
|
|
|
|
|||
·
Berpakaian
rapi dan pantas |
|
|
|
|
|
|||
·
Dapat
mengendalikan emosi dalam menghadapi masalah, tidak marah-marah |
|
|
|
|
|
|||
·
Mengucapkan
salam ketika bertemu pendidik, teman, dan orang-orang di sekolah |
|
|
|
|
|
|||
·
Menunjukkan
wajah ramah, bersahabat, dan tidak
cemberut |
|
|
|
|
|
|||
·
Mengucapkan
terima kasih apabila menerima bantuan dalam bentuk jasa atau barang dari
orang lain |
|
|
|
|
|
|||
Peduli merupakan sikap dan tindakan
yang selalu ingin memberi bantuan
kepada orang lain atau masyarakat yang membutuhkan |
·
Ingin
tahu dan ingin membantu teman yang kesulitan dalam pembelajaran, perhatian
kepada orang lain |
|
|
|
|
|
||
·
Berpartisipasi
dalam kegiatan sosial di sekolah, misal: mengumpulkan sumbangan untuk
membantu yang sakit atau kemalangan |
|
|
|
|
|
|||
·
Meminjamkan
alat kepada teman yang tidak membawa/memiliki |
|
|
|
|
|
|||
·
Menolong
teman yang mengalami kesulitan |
|
|
|
|
|
|||
·
Menjaga
keasrian, keindahan, dan
kebersihan lingkungan sekolah |
|
|
|
|
|
|||
·
Melerai
teman yang berselisih (bertengkar) |
|
|
|
|
|
|||
·
Menjenguk
teman atau pendidik yang sakit |
|
|
|
|
|
|||
·
Menunjukkan
perhatian terhadap kebersihan kelas dan lingkungan sekolah. |
|
|
|
|
|
|||
Percaya diri merupakan suatu keyakinan atas kemampuannya
sendiri untuk melakukan kegiatan atau
tindakan |
·
berani
tampil di depan kelas |
|
|
|
|
|
||
·
berani
mengemukakan pendapat |
|
|
|
|
|
|||
·
berani
mencoba hal baru |
|
|
|
|
|
|||
·
mengemukakan
pendapat terhadap suatu topik atau masalah |
|
|
|
|
|
|||
·
mengajukan
diri menjadi ketua kelas atau pengurus kelas lainnya |
|
|
|
|
|
|||
·
Mengajukan
diri untuk mengerjakan tugas atau soal di papan tulis |
|
|
|
|
|
|||
·
Mencoba
hal-hal baru yang bermanfaat |
|
|
|
|
|
|||
·
Mengungkapkan
kritikan membangun terhadap karya orang lain |
|
|
|
|
|
|||
·
Memberikan
argumen yang kuat untuk mempertahankan pendapat |
|
|
|
|
|
|||
|
|
|||||||
Rata-rata (Modus) Keempat Sikap
Sosial |
“Amat Baik”/”Baik”/”Cukup Baik” /”Perlu
Bimbingan*) |
|
||||||
Keterangan:
*) Coret yang tidak perlu Bandung,
……………………………
Guru
Kelas …..
___________________________
NIP/NUPTK:
……………………………
Lembar Penilaian
Diri Peserta didik
Nama :
……………………………………
Kelas :
……………………………………
Semester :
……………………………………
Petunjuk:
Berilah tanda centang (√) pada kolom “Ya” atau “Tidak” sesuai dengan keadaan
yang sebenarnya
No. |
Pernyataan |
Ya |
Tidak |
1. |
Saya selalu berdoa
sebelum melakukan aktivitas |
|
|
2. |
Saya tidak mengganggu
teman yang beragama lain ketika berdoa sesuai agamanya. |
|
|
3. |
Saya berani mengakui
kesalahan saya |
|
|
4. |
Saya menyelesaikan
tugas-tugas tepat waktu. |
|
|
5. |
Saya menghargai
pendapat orang lain |
|
|
6. |
Saya mengembalikan
barang yang saya pinjam. |
|
|
7. |
Saya meminta maaf
jika saya melakukan kesalahan. |
|
|
8. |
Saya datang ke
sekolah tepat waktu. |
|
|
9. |
Saya mencium tangan
orangtua sebelum berangkat sekolah |
|
|
10. |
|
|
|
Rata-rata (Modus) Keempat Sikap Kepribadian |
|
Keterangan : Dilakukan oleh Pendidik
sekurang-kurangnya satu / dua kali setiap semester.
Lembar Penilaian Antar
Teman
Nama Teman Yang Dinilai :
……………………………………
Nama Penilai : ……………………………………
Kelas : ……………………………………
Semester : ……………………………………
Petunjuk:
Berilah tanda centang (√) pada kolom “Ya” atau “Tidak” sesuai dengan keadaan
yang sebenarnya
No. |
Pernyataan |
Ya |
Tidak |
1. |
Teman saya selalu
berdoa sebelum melakukan aktivitas. |
|
|
2. |
Teman saya tidak
mengganggu teman yang be-ragama lain ketika berdoa sesuai agamanya. |
|
|
3. |
Teman saya berani
mengakui kesalahannya. |
|
|
4. |
Teman saya menyelesaikan
tugas-tugas tepat waktu. |
|
|
5. |
Teman saya menghargai
pendapat orang lain |
|
|
6. |
Teman saya mengembalikan
barang yang dia pinjam |
|
|
7. |
Teman saya meminta
maaf ketika dia melakukan kesalahan. |
|
|
8. |
Teman saya datang ke
sekolah tepat waktu. |
|
|
9. |
Teman saya mencium
tangan guru ketika bertemu |
|
|
10. |
|
|
|
Rata-rata (Modus) Keempat Sikap
Kepribadian |
|
Keterangan : Dilakukan oleh Pendidik
sekurang-kurangnya satu / dua kali setiap semester.
Komentar
Posting Komentar