SILABUS BAHASA SUNDA Kelas 1 SD KTSP

Bissmillahirrohmanirrohiim...

Semoga bisa bermanfaat bagi guru mapel bahasa sunda yang sedang cari referensi untuk kelengkapan administrasi keguruan. Contoh SILABUS BAHASA SUNDA Kelas 1 SD KTSP.

Bagi yang menginginkan softcopy nya. Komen ya.. Insyaallah ana kirim softcopy nya free.


SILABUS PANGRUMAT BASA SUNDA UNTUK SD/MI KELAS I

SILABUS 1

 

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Materi Pokok

Pengalaman Belajar

Indikator

Jenis Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

1

2

3

4

5

6

7

8

1.  Menyimak (Ngaregepkeun)

1.1 Mampu menyimak (ngaregepkeun, memahami, serta menanggapi berbagai jenis bunyi bahasa (sora basa), dongeng dan perintah (parentah) sederhana.

 

 

1.1.3 Menyimak dan menanggapi dengan perbuatan

 

 

Memahami gambar

 

 

► Murid menyimak wacana “Diri Sorangan” dengan sikap yang baik

► Murid menyebutkan kegiatan yang dilakukan seseorang di dalam gambar-gambar

►Murid menunjukkan nama-nama bagian tubuh manusia

►Murid menyebutkan fungsi nama-nama bagian tubuh manusia yang terdapat di dalam gambar

►Murid dapat menyebutkan cara membaca yang benar yang terdapat di dalam gambar

 

 

● Dapat menyimak wacana “Diri Sorangan” dengan sikap yang baik

● Dapat menyebutkan kegiatan yang terdapat dalam gambar

● Dapat menunjukkan gambar nama-nama bagian tubuh

● Dapat menyebutkan kegunaan nama-nama bagian tubuh

● Dapat menyebutkan gambar cara membaca yang baik

 

 

- Pertanyaan lisan

- Ulangan harian

 

 

2 jam pelajaran

 

 

Buku Paket Pangrumat Basa Sunda Pikeun Murid  SD Kelas 1

 

4. Menulis (Nulis)

1.4 Mampu menulis, mengungkapkan pikiran, perasaan, dan keinginan secara tertulis dalam berbagai bentuk dan jenis tulisan huruf lepas, suku kata (engang), dan kalimat sederhana

 

 

 

1.4.1 Menulis atau menyalin huruf lepas

 

 

Nulis hurup (aksara)

 

 

►Murid meragakan cara memegang pensil yang benar sewaktu menulis

►Murid menyalin huruf-huruf a, i, u, é, e, o dan eu

 

 

● Dapat meragakan cara memegang pensil yang benar sewaktu menulis

● Dapat menulis huruf-huruf a, i, u, é, e, o dan eu

 

 

Praktik menulis

 

 

2 jam pelajaran

 

 

Buku Paket Pangrumat Basa Sunda Pikeun Murid  SD Kelas 1

SILABUS PANGRUMAT BASA SUNDA UNTUK SD/MI KELAS I

SILABUS 2

 

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Materi Pokok

Pengalaman Belajar

Indikator

Jenis Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

1

2

3

4

5

6

7

8

 

1.  Menyimak (Ngaregepkeun)

1.1 Mampu menyimak (ngaregepkeun, memahami, serta menanggapi berbagai jenis bunyi bahasa (sora basa), dongeng dan perintah (parentah) sederhana.

 

 

 

1.1.1 Menyimak dan membedakan bunyi bahasa

 

 

Membedakan bunyi vokal (ngabedakaeun sora basa vokal)

 

 

► Murid menyimak bunyi-bunyi vokal a, i, u, é, e, o dan eu

► Murid mengucapkan/melafalkan bunyi-bunyi vokal a, i, u, é, e, o dan eu

►Murid mengucapkan lagi kata-kata yang telah dibacakan oleh guru

 

 

 

● Dapat menyimak bunyi-bunyi vokal

● Dapat melafalkan bunyi-bunyi vokal

● Dapat mengucapkan kata-kata yang dibacakan guru

 

 

Latihan mengucapkan bunyi-bunyi vokal

 

 

2 jam pelajaran

 

 

Buku Paket Pangrumat Basa Sunda Pikeun Murid  SD Kelas 1

 

4. Menulis (Nulis)

1.4 Mampu menulis, mengungkapkan pikiran, perasaan, dan keinginan secara tertulis dalam berbagai bentuk dan jenis tulisan huruf lepas, suku kata (engang), dan kalimat sederhana

 

 

 

1.4.1 Menulis atau menyalin huruf lepas

1.4.2 Menulis atau menyalin suku kata

1.4.3 Menulis kata dwisuku

 

 

Cara menulis huruf, menyusun huruf, dan melengkapi huruf

 

 

►Murid menulis huruf konsonan dengan baik

►Murid menyusun huruf menjadi kata yang benar

►Murid melengkapi huruf menjadi kata dengan benar

 

 

 

● Dapat menulis huruf konsonan dengan baik

● Dapat menyusun huruf menjadi kata dengan benar

● Dapat melengkapi huruf menjadi kata dengan benar

 

 

- Latihan menulis huruf konsonan

- Latihan menyusun huruf menjadi kata

- Latihan melengkapi kata

 

 

2 jam pelajaran

 

 

Buku Paket Pangrumat Basa Sunda Pikeun Murid  SD Kelas 1

 

 

SILABUS PANGRUMAT BASA SUNDA UNTUK SD/MI KELAS I

SILABUS 3

 

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Materi Pokok

Pengalaman Belajar

Indikator

Jenis Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

1

2

3

4

5

6

7

8

1.  Menyimak (Ngaregepkeun)

1.1 Mampu menyimak (ngaregepkeun, memahami, serta menanggapi berbagai jenis bunyi bahasa (sora basa), dongeng dan perintah (parentah) sederhana.

 

 

1.1.1 Menyimak dan membedakan bunyi bahasa

 

 

Mengenal bunyi é, e, dan eu dalam kata

 

 

► Murid menyimak wacana “Sasatoan jeng Tutuwuhan

► Murid mengenal bunyi é yang terdapat dalam gambar binatang dan tumbuh-tumbuhan

►Murid mengenal bunyi e yang terdapat dalam gambar binatang dan tumbuh-tumbuhan

► Murid mengenal bunyi eu yang terdapat dalam gambar binatang dan tumbuh-tumbuhan

►Murid mementukan pemakaian bunyi vokal é, e dan eu sesuai dengan gambar binatang dan tumbuh-tumbuhan yang tertera

 

 

● Dapat menyimak wacana “Sasatoan jeung Tutuwuhan” dengan sikap yang baik

● Dapat melafalkan bunyi é, e, dan eu yang terdapat dalam gambar binatang dan tumbuh-tumbuhan

● Dapat menentukan bunyi vokal é, e, dan eu sesuai dengan gambar binatang dan tumbuh-tumbuhan yang tertera

 

 

- Pertanyaan lisan

- Ulangan harian

 

 

2 jam pelajaran

 

 

Buku Paket Pangrumat Basa Sunda Pikeun Murid  SD Kelas 1

4. Menulis (Nulis)

1.4 Mampu menulis, mengungkapkan pikiran, perasaan, dan keinginan secara tertulis dalam berbagai bentuk dan jenis tulisan huruf lepas, suku kata (engang), dan kalimat sederhana

 

 

1.4.1 Menulis atau menyalin huruf lepas

1.4.2 Menulis atau menyalin suku kata

 

 

 

Menulis  vokal dan melengkapi kata

 

 

►Murid menulis huruf vokal dengan baik dan benar

►Murid melengkapi kata dengan huruf vokal yang benar

►Murid mencocokkan kata sesuai dengan gambar

►Murid menyalin kata yang bervokal rangkap

 

 

 

● Dapat menulis huruf vokal dengan baik dan benar

● Dapat melengkapi kata dengan huruf vokal yang benar

● Dapat mencocokkan kata sesuai dengan gambar

● Dapat menyalin kata bervokal rangkap

 

 

 

Tugas tertulis

 

 

2 jam pelajaran

 

 

Buku Paket Pangrumat Basa Sunda Pikeun Murid  SD Kelas 1

SILABUS PANGRUMAT BASA SUNDA UNTUK SD/MI KELAS I

SILABUS 4

 

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Materi Pokok

Pengalaman Belajar

Indikator

Jenis Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

1

2

3

4

5

6

7

8

2.. Berbicara (Nyarita)

1.2 Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan, dan keinginan secara lisan dalam percakapan (guneman) permintaan ijin, perkenalan (ngawanohkeun) diri, nyebutkeun berbagai jenis gambar dan gambar bercerita

 

 

1.2.4 Menyebut-kan berbagai jenis gambar benda

 

 

Menyebutkan gambar peralatan rumah

 

 

► Murid menyebutkan nama-nama benda “Pakakas Rumah”

► Murid menyebutkan kegunaan “Pakakas Rumah”

 

 

 

● Dapat menyebutkan nama-nama benda “Pakakas Rumah”

● Dapat menyebutkan kegunaan “Pakakas Rumah”

 

 

- Responsi

- Pertanyaan lisan

- Ulangan harian

 

 

2 jam pelajaran

 

 

Buku Paket Pangrumat Basa Sunda Pikeun Murid  SD Kelas 1

 

3. Membaca (Maca)

1.3 mampu membaca, memahami, dan menanggapi berbagai bentuk dan jenis wacana tulis (teks) berupa kata-kata lepas, kalimat lepas, serta wacana pendek

 

 

 

1.3.2 membaca kalimat lepas dua kata

 

 

 

Membaca kalimat dua kata

 

 

►Murid membaca “Pakakas Rumah” dengan sikap yang baik

►Murid membaca kalimah yang terdiri atas dua kata

 

 

 

● Dapat membaca wacana “Pakakas Rumah” dengan sikap yang baik

● Dapat membaca kalimah yang terdiri atas dua kata

 

 

 

- Responsi

- Pertanyaan lisan

- Ulangan harian

 

 

2 jam pelajaran

 

 

Buku Paket Pangrumat Basa Sunda Pikeun Murid  SD Kelas 1

 

SILABUS PANGRUMAT BASA SUNDA UNTUK SD/MI KELAS I

SILABUS 5

 

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Materi Pokok

Pengalaman Belajar

Indikator

Jenis Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

1

2

3

4

5

6

7

8

 

4. Menulis (Nulis)

1.4 Mampu menulis, mengungkapkan pikiran, perasaan, dan keinginan secara tertulis dalam berbagai bentuk dan jenis tulisan huruf lepas, suku kata (engang), dan kalimat sederhana

 

 

 

1.4.1 Menulis atau menyalin huruf lepas

1.4.3 Menulis kata dwisuku

 

 

 

- Menyalin huruf sambung

- Menulis kata dengan huruf sambung

 

 

► Murid menulis huruf sambung dengan baik

► Murid menulis kata dengan huruf sambung

 

 

 

● Dapat menulis huruf sambung dengan baik

● Dapat menulis kata dengan huruf sambung

 

 

 

- Responsi

- Pertanyaan lisan

- Ulangan harian

 

 

2 jam pelajaran

 

 

Buku Paket Pangrumat Basa Sunda Pikeun Murid  SD Kelas 1

 

3. Membaca (Maca)

1.3 mampu membaca, memahami, dan menanggapi berbagai bentuk dan jenis wacana tulis (teks) berupa kata-kata lepas, kalimat lepas, serta wacana pendek

 

 

 

1.3.1 membaca kata-kata lepas yang mengandung kata asal dwisuku (dua engang)

 

 

 

Membaca kata yang terdiri atas dua suku kata, tiga suku kata, dan empat suku kata

 

 

►Murid membaca wacana “Tempat Umum” dengan sikap yang baik

►Murid membaca kata yang terdiri atas dua suku kata dengan baik

►Murid membaca kata yang terdiri atas tiga suku kata dengan baik

►Murid membaca kata yang terdiri atas empat suku kata dengan baik

 

 

 

 

● Dapat membaca wacana “Tempat Umum” dengan sikap yang baik

● Dapat membaca kata yang terdiri atas dua suku kata dengan baik

● Dapat membaca kata yang terdiri atas tiga suku kata dengan baik

● Dapat membaca kata yang terdiri atas empat suku kata dengan baik

 

 

- Responsi

- Pertanyaan lisan

- Ulangan harian

 

 

2 jam pelajaran

 

 

Buku Paket Pangrumat Basa Sunda Pikeun Murid  SD Kelas 1

 

SILABUS PANGRUMAT BASA SUNDA UNTUK SD/MI KELAS I

SILABUS 6

 

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Materi Pokok

Pengalaman Belajar

Indikator

Jenis Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

1

2

3

4

5

6

7

8

 

3. Membaca (Maca)

1.3 mampu membaca, memahami, dan menanggapi berbagai bentuk dan jenis wacana tulis (teks) berupa kata-kata lepas, kalimat lepas, serta wacana pendek

 

 

 

1.3.1 membaca kata-kata lepas yang mengandung kata asal dwisuku (dua engang)

 

 

 

Membaca konsonan rangkap ng dan ny yang terdapat dalam kata

 

 

►Murid membaca wacana “kagiatan Sapopoe” dengan sikap yang baik

►Murid membaca kata yang mengandung konsonan rangkap ng dengan baik

►Murid membaca kata yang mengandung konsonan rangkap ny dengan baik

 

 

 

 

● Dapat membaca konsonan rangkap ng dengan baik

● Dapat membaca konsonan rangkap ny dengan baik

 

 

 

- Responsi

- Pertanyaan lisan/tulisan

- Ulangan harian

 

 

2 jam pelajaran

 

 

Buku Paket Pangrumat Basa Sunda Pikeun Murid  SD Kelas 1

2.. Berbicara (Nyarita)

1.2 Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan, dan keinginan secara lisan dalam percakapan (guneman) permintaan ijin, perkenalan (ngawanohkeun) diri, nyebutkeun berbagai jenis gambar dan gambar bercerita

 

 

 

1.2.5 Menerang-kan berbagai jenis gambar peristiwa

 

 

 

Menceritakan gambar

 

 

► Murid menceritakan kegiatan sehari-hari yang terdapat di dalam gambar

 

 

 

● Dapat menceritakan kegiatan sehari-hari yang terdapat di dalam gambar

 

 

- Responsi

- Pertanyaan lisan/tulisan

- Ulangan harian

 

 

2 jam pelajaran

 

 

Buku Paket Pangrumat Basa Sunda Pikeun Murid  SD Kelas 1

SILABUS PANGRUMAT BASA SUNDA UNTUK SD/MI KELAS I

SILABUS 7

 

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Materi Pokok

Pengalaman Belajar

Indikator

Jenis Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

1

2

3

4

5

6

7

8

4. Menulis (Nulis)

1.4 Mampu menulis, mengungkapkan pikiran, perasaan, dan keinginan secara tertulis dalam berbagai bentuk dan jenis tulisan huruf lepas, suku kata (engang), dan kalimat sederhana

 

 

1.4.5 Menulis/me-nyalin kalimat sederhana

 

 

Melengkapi kalimat secara tertulis

 

► Murid melengkapi kalimat secara tertulis dengan kata-kata yang tepat

► Murid menyalin kalimat sederhana dengan baik

► Murid menuliskan kalimat sederhana yang dilisankan oleh guru

 

 

● Dapat melengkapi kalimat secara tertulis dengan kata-kata yang tepat

● Dapat menyalin kalimat sederhana dengan baik

● Dapat menuliskan kalimat sederhana yang dilisankan oleh guru

 

 

- Responsi

- Pertanyaan lisan/tulisan

- Ulangan harian

 

2 jam pelajaran

 

Buku Paket Pangrumat Basa Sunda Pikeun Murid  SD Kelas 1

2.. Berbicara (Nyarita)

1.2 Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan, dan keinginan secara lisan dalam percakapan (guneman) permintaan ijin, perkenalan (ngawanohkeun) diri, nyebutkeun berbagai jenis gambar dan gambar bercerita

 

 

1.2.5 Menerang-kan berbagai jenis gambar peristiwa

 

 

 

Menceritakan gambar

 

 

► Murid menceritakan gambar dan peristiwanya

 

 

 

● Dapat menceritakan peristiwa yang termuat di dalam gambar dengan baik

 

 

- Responsi

- Pertanyaan lisan/tulisan

- Ulangan harian

 

 

2 jam pelajaran

 

 

Buku Paket Pangrumat Basa Sunda Pikeun Murid  SD Kelas 1

SILABUS PANGRUMAT BASA SUNDA UNTUK SD/MI KELAS I

SILABUS 8

 

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Materi Pokok

Pengalaman Belajar

Indikator

Jenis Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

1

2

3

4

5

6

7

8

1.  Menyimak (Ngaregepkeun)

1.1 Mampu menyimak (ngaregepkeun, memahami, serta menanggapi berbagai jenis bunyi bahasa (sora basa), dongeng dan perintah (parentah) sederhana.

 

 

 

1.1.3 Menyimak dan menanggapi dengan perbuatan

1.14 Menyimak perintah sederhana

 

 

- Menyimak perintah

- Menyimak  cerita

- Menjawab pertanyaa

 

 

► Murid menyimak perintah guru dengan baik

► Murid menyimak perintah yang disarankan guru dengan baik

►Murid menjawab pertanyaan yang diajukan guru dengan baik

 

 

 

● Dapat menyimak dengan sikap yang baik

● Dapat mengerjakan perintah dengan baik

● Dapat menjawab pertanyaan dengan baik

 

 

- Responsi

- Pertanyaan lisan/tulisan

- Ulangan harian

 

 

2 jam pelajaran

 

 

Buku Paket Pangrumat Basa Sunda Pikeun Murid  SD Kelas 1

 

2.. Berbicara (Nyarita)

1.2 Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan, dan keinginan secara lisan dalam percakapan (guneman) permintaan ijin, perkenalan (ngawanohkeun) diri, nyebutkeun berbagai jenis gambar dan gambar bercerita

 

 

 

1.2.4 Menyebut-kan berbagai jenis gambar

1.2.5 Menerang-kan berbagai jenis gambar peristiwa

 

 

 

Menceritakan gambar

 

 

► Murid menceritakan gambar dan peristiwanya dengan sikap yang baik

► Murid menyebutkan nama-nama teman sekelasnya dengan baik

 

 

 

● Dapat menceritakan gambar dengan peristiwanya dengan baik

● Dapat menyebutkan dan menceritakan nama-nama teman sekelasnya dengan baik

 

 

- Responsi

- Pertanyaan lisan/tulisan

- Ulangan harian

 

 

2 jam pelajaran

 

 

Buku Paket Pangrumat Basa Sunda Pikeun Murid  SD Kelas 1

SILABUS PANGRUMAT BASA SUNDA UNTUK SD/MI KELAS I

SILABUS 9

 

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Materi Pokok

Pengalaman Belajar

Indikator

Jenis Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

1

2

3

4

5

6

7

8

 

3. Membaca (Maca)

1.3 mampu membaca, memahami, dan menanggapi berbagai bentuk dan jenis wacana tulis (teks) berupa kata-kata lepas, kalimat lepas, serta wacana pendek

 

 

 

1.3.4 membaca wacana (teks) pendek tiga kalimat

 

 

 

- Membaca kalimat

- Membaca wacana (teks) pendek

- menjawab pertanyaa

-Melengkapi kalimat

 

 

►Murid membaca kalimat dengan baik

►Murid membaca wacana (teks) pendek dengan baik

►Murid menjawab pertanyaan dari teks pendek yang dibacanya

►Murid melengkapi kalimat dan membacanya dengan baik

 

 

 

 

 

● Dapat membaca kalimat dengan baik

● Dapat membaca wacana (teks) pendek dengan baik

● Dapat menjawab pertanyaan dari teks pendek yang dibacanya

● Dapat melengkapi kalimat dan membacanya dengan baik

 

 

- Responsi

- Pertanyaan lisan/tulisan

- Ulangan harian

 

 

2 jam pelajaran

 

 

Buku Paket Pangrumat Basa Sunda Pikeun Murid  SD Kelas 1

2.. Berbicara (Nyarita)

1.2 Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan, dan keinginan secara lisan dalam percakapan (guneman) permintaan ijin, perkenalan (ngawanohkeun) diri, nyebutkeun berbagai jenis gambar dan gambar bercerita

 

 

 

1.2.3 memper-kenalkan diri

 

 

 

Memperkenal-kan (ngawanoh-keun) diri

 

 

► Murid mengenalkan diri dengan sikap yang baik

► Murid mengenalkan nama kedua orang tua dan nama saudaranya dengan baik

► Murid mengemukakan pekerjaan kedua orang tuanya dengan baik

 

 

 

 Dapat mengenalkan diri dengan sikap yang baik

 Dapat mengenalkan nama kedua orang tua dan nama saudaranya dengan baik

  Dapat mengemukakan pekerjaan kedua orang tuanya dengan baik

 

 

 

- Responsi

- Pertanyaan lisan/tulisan

- Ulangan harian

 

 

2 jam pelajaran

 

 

Buku Paket Pangrumat Basa Sunda Pikeun Murid  SD Kelas 1

SILABUS PANGRUMAT BASA SUNDA UNTUK SD/MI KELAS I

SILABUS 10

 

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Materi Pokok

Pengalaman Belajar

Indikator

Jenis Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

1

2

3

4

5

6

7

8

2.. Berbicara (Nyarita)

1.2 Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan, dan keinginan secara lisan dalam percakapan (guneman) permintaan ijin, perkenalan (ngawanohkeun) diri, nyebutkeun berbagai jenis gambar dan gambar bercerita

 

 

 

1.2.2 Mengemu-kakan permintaan izin

 

 

 

- Permintaan izin kepada teman

- Permintaan izin kepada orang tua

- Permintaan izin kepada guru

 

 

► Murid mengucapkan kalimat permintaan izin kepada teman dengan sikap yang baik dan santun

► Murid mengucapkan kalimat permintaan izin kepada kedua orang tua dengan baik dan santun

► Murid mengucapkan kalimat permintaan izin jepada guru dengan baik dan santun

 

 

 

 Dapat mengucapkan kalimat permintaan izin kepada teman dengan sikap yang baik dan santun

 Dapat mengucapkan kalimat permintaan izin kepada kedua orang tua dengan baik dan santun

  Dapat mengucapkan kalimat permintaan izin jepada guru dengan baik dan santun

 

 

 

- Responsi

- Pertanyaan lisan/tulisan

- Ulangan harian

 

 

2 jam pelajaran

 

 

Buku Paket Pangrumat Basa Sunda Pikeun Murid  SD Kelas 1

1.  Menyimak (Ngaregepkeun)

1.1 Mampu menyimak (ngaregepkeun, memahami, serta menanggapi berbagai jenis bunyi bahasa (sora basa), dongeng dan perintah (parentah) sederhana.

 

 

 

1.1.2 Menyimak dongeng yang dibacakan guru

 

 

Menyimak dongeng “Embe jeung Kelenci”

 

 

► Murid menyimak dongeng “Embe jeung Kelenci” dengan sikap yang baik

► Murid melengkapi kalimat dengan tepat berdasarkan isi dongeng yang disimaknya

►Murid menuliskan kalimat yang disimaknya dengan baik

 

 

 

● Dapat menyimak isi dongeng “Embe jeung Kelenci” dengan sikap yang baik

● Dapat melengkapi kalimat dengan tepat berdasarkan isi dongeng yang disimaknya

● Dapat menuliskan kalimat yang disimaknya dengan baik

 

 

 

- Responsi

- Pertanyaan lisan/tulisan

- Ulangan harian

 

 

2 jam pelajaran

 

 

Buku Paket Pangrumat Basa Sunda Pikeun Murid  SD Kelas 1

 

SILABUS PANGRUMAT BASA SUNDA UNTUK SD/MI KELAS I

SILABUS 11

 

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Materi Pokok

Pengalaman Belajar

Indikator

Jenis Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

1

2

3

4

5

6

7

8

 

3. Membaca (Maca)

1.3 mampu membaca, memahami, dan menanggapi berbagai bentuk dan jenis wacana tulis (teks) berupa kata-kata lepas, kalimat lepas, serta wacana pendek

 

 

 

1.3.3 Membaca kalimat lepas tiga kata

1.3.4 Membaca wacana (teks) pendek tiga kalimat

 

 

 

- Membaca kalimat

- Membaca wacana (teks) pendek “Ngibing Jaipong”

 

 

 

►Murid membaca kalimat lepas dengan baik

►Murid membaca wacana (teks) pendek dengan baik

 

 

 

 

 

● Dapat membaca kalimat lepas dengan sikap yang baik

● Dapat membaca wacana (teks) pendek dengan sikap yang baik

 

 

 

- Responsi

- Pertanyaan lisan/tulisan

- Ulangan harian

 

 

2 jam pelajaran

 

 

Buku Paket Pangrumat Basa Sunda Pikeun Murid  SD Kelas 1

2.. Berbicara (Nyarita)

1.2 Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan, dan keinginan secara lisan dalam percakapan (guneman) permintaan ijin, perkenalan (ngawanohkeun) diri, nyebutkeun berbagai jenis gambar dan gambar bercerita

 

 

 

1.2.1 Bercakap-cakap dengan teman

 

 

 

- Memerankan percakapan (Ngaraga-keun paguneman)

 

 

 

► Murid melakukan percakapan dengan teman-temannya di depan kelas dengan sikap yang baik

 

 

 

 Dapat melakukan percakapan dengan teman-temannya di depan kelas dengan sikap yang baik

 

 

 

- Responsi

- Pertanyaan lisan/tulisan

- Ulangan harian

 

 

2 jam pelajaran

 

 

Buku Paket Pangrumat Basa Sunda Pikeun Murid  SD Kelas 1

SILABUS PANGRUMAT BASA SUNDA UNTUK SD/MI KELAS I

SILABUS 12

 

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Materi Pokok

Pengalaman Belajar

Indikator

Jenis Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

1

2

3

4

5

6

7

8

2.. Berbicara (Nyarita)

1.2 Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan, dan keinginan secara lisan dalam percakapan (guneman) permintaan ijin, perkenalan (ngawanohkeun) diri, nyebutkeun berbagai jenis gambar dan gambar bercerita

 

 

 

1.2.1 Bercakap-cakap dengan teman

 

 

 

- Memerankan percakapan (Ngaraga-keun paguneman)

- Melengkapi percakapan dan memeran-kannya

 

 

 

► Murid melakukan percakapan sesuai dengan wacana “Ngalongok Babaturan” dengan baik

► Murid ngajawab pertanyaan berdasarkan isi wacana percakapan “Ngalongok Babaturan”

 

 

 

 Dapat melakukan percakapan sesuai dengan wacana “Ngalongok Babaturan” dengan baik

 Dapat ngajawab pertanyaan berdasarkan isi wacana percakapan “Ngalongok Babaturan”

 

 

 

- Responsi

- Pertanyaan lisan/tulisan

- Ulangan harian

 

 

2 jam pelajaran

 

 

Buku Paket Pangrumat Basa Sunda Pikeun Murid  SD Kelas 1

 

3. Membaca (Maca)

1.3 mampu membaca, memahami, dan menanggapi berbagai bentuk dan jenis wacana tulis (teks) berupa kata-kata lepas, kalimat lepas, serta wacana pendek

 

 

1.3.3 Membaca kalimat lepas tiga kata

1.3.4 Membaca wacana (teks) pendek tiga kalimat

 

 

 

- Membaca kalimat

- Membaca wacana

 

 

 

►Murid membaca kalimat lepas dengan sikap yang baik

►Murid membaca wacana (teks) pendek dengan sikap yang baik

►Murid menjawab pertanyaan sesuai dengan isi wacana yang telah dibacanya

 

 

 

 

● Dapat membaca kalimat lepas dengan sikap yang baik

● Dapat membaca wacana (teks) pendek dengan sikap yang baik

● Dapat menjawab pertanyaan sesuai dengan isi wacana yang telah dibacanya

 

 

- Responsi

- Pertanyaan lisan/tulisan

- Ulangan harian

 

 

2 jam pelajaran

 

 

Buku Paket Pangrumat Basa Sunda Pikeun Murid  SD Kelas 1

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Siapakah yang Bisa Memahami Kita???