SILABUS BAHASA SUNDA Kelas 1 SD KTSP
Bissmillahirrohmanirrohiim...
Semoga bisa bermanfaat bagi guru mapel bahasa sunda yang sedang cari referensi untuk kelengkapan administrasi keguruan. Contoh SILABUS BAHASA SUNDA Kelas 1 SD KTSP.
Bagi yang menginginkan softcopy nya. Komen ya.. Insyaallah ana kirim softcopy nya free.
SILABUS PANGRUMAT BASA SUNDA UNTUK SD/MI KELAS I
SILABUS 1
Standar Kompetensi |
Kompetensi Dasar |
Materi Pokok |
Pengalaman Belajar |
Indikator |
Jenis Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber Belajar |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
1. Menyimak (Ngaregepkeun) 1.1 Mampu menyimak (ngaregepkeun, memahami, serta
menanggapi berbagai jenis bunyi bahasa (sora basa), dongeng dan perintah
(parentah) sederhana. |
1.1.3 Menyimak dan menanggapi dengan perbuatan |
Memahami gambar |
► Murid menyimak wacana “Diri Sorangan” dengan sikap
yang baik ► Murid menyebutkan kegiatan yang dilakukan seseorang
di dalam gambar-gambar ►Murid menunjukkan nama-nama bagian tubuh manusia ►Murid menyebutkan fungsi nama-nama bagian tubuh
manusia yang terdapat di dalam gambar ►Murid dapat menyebutkan cara membaca yang benar yang
terdapat di dalam gambar |
● Dapat menyimak wacana “Diri Sorangan” dengan sikap
yang baik ● Dapat menyebutkan kegiatan yang terdapat dalam gambar ● Dapat menunjukkan gambar nama-nama bagian tubuh ● Dapat menyebutkan kegunaan nama-nama bagian tubuh ● Dapat menyebutkan gambar cara membaca yang baik |
- Pertanyaan lisan - Ulangan harian |
2 jam pelajaran |
Buku Paket Pangrumat
Basa Sunda Pikeun Murid SD Kelas 1 |
4. Menulis (Nulis) 1.4 Mampu menulis, mengungkapkan pikiran, perasaan, dan
keinginan secara tertulis dalam berbagai bentuk dan jenis tulisan huruf
lepas, suku kata (engang), dan
kalimat sederhana |
1.4.1 Menulis atau menyalin huruf lepas |
Nulis hurup (aksara) |
►Murid meragakan cara memegang pensil yang benar
sewaktu menulis ►Murid menyalin huruf-huruf a, i, u, é, e, o dan eu |
● Dapat meragakan cara memegang pensil yang benar
sewaktu menulis ● Dapat menulis huruf-huruf a, i, u, é, e, o dan eu |
Praktik menulis |
2 jam pelajaran |
Buku Paket Pangrumat
Basa Sunda Pikeun Murid SD Kelas 1 |
SILABUS PANGRUMAT BASA SUNDA UNTUK SD/MI KELAS I
SILABUS 2
Standar Kompetensi |
Kompetensi Dasar |
Materi Pokok |
Pengalaman Belajar |
Indikator |
Jenis Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber Belajar |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
1. Menyimak (Ngaregepkeun) 1.1 Mampu menyimak (ngaregepkeun, memahami, serta
menanggapi berbagai jenis bunyi bahasa (sora basa), dongeng dan perintah
(parentah) sederhana. |
1.1.1 Menyimak dan membedakan bunyi bahasa |
Membedakan bunyi vokal (ngabedakaeun sora basa vokal) |
► Murid menyimak bunyi-bunyi vokal a, i, u, é, e, o dan
eu ► Murid mengucapkan/melafalkan bunyi-bunyi vokal a, i,
u, é, e, o dan eu ►Murid mengucapkan lagi kata-kata yang telah dibacakan
oleh guru |
● Dapat menyimak bunyi-bunyi vokal ● Dapat melafalkan bunyi-bunyi vokal ● Dapat mengucapkan kata-kata yang dibacakan guru |
Latihan mengucapkan bunyi-bunyi vokal |
2 jam pelajaran |
Buku Paket Pangrumat
Basa Sunda Pikeun Murid SD Kelas 1 |
4. Menulis (Nulis) 1.4 Mampu menulis, mengungkapkan pikiran, perasaan, dan
keinginan secara tertulis dalam berbagai bentuk dan jenis tulisan huruf
lepas, suku kata (engang), dan
kalimat sederhana |
1.4.1 Menulis atau menyalin huruf lepas 1.4.2 Menulis atau menyalin suku kata 1.4.3 Menulis kata dwisuku |
Cara menulis huruf, menyusun huruf, dan melengkapi
huruf |
►Murid menulis huruf konsonan dengan baik ►Murid menyusun huruf menjadi kata yang benar ►Murid melengkapi huruf menjadi kata dengan benar |
● Dapat menulis huruf konsonan dengan baik ● Dapat menyusun huruf menjadi kata dengan benar ● Dapat melengkapi huruf menjadi kata dengan benar |
- Latihan menulis huruf konsonan - Latihan menyusun huruf menjadi kata - Latihan melengkapi kata |
2 jam pelajaran |
Buku Paket Pangrumat
Basa Sunda Pikeun Murid SD Kelas 1 |
SILABUS PANGRUMAT BASA SUNDA UNTUK SD/MI KELAS I
SILABUS 3
Standar Kompetensi |
Kompetensi Dasar |
Materi Pokok |
Pengalaman Belajar |
Indikator |
Jenis Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber Belajar |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
1. Menyimak (Ngaregepkeun) 1.1 Mampu menyimak (ngaregepkeun, memahami, serta
menanggapi berbagai jenis bunyi bahasa (sora basa), dongeng dan perintah
(parentah) sederhana. |
1.1.1 Menyimak dan membedakan bunyi bahasa |
Mengenal bunyi é, e, dan eu dalam kata |
► Murid menyimak wacana “Sasatoan jeng Tutuwuhan ► Murid mengenal bunyi é yang terdapat dalam gambar
binatang dan tumbuh-tumbuhan ►Murid mengenal bunyi e yang terdapat dalam gambar
binatang dan tumbuh-tumbuhan ► Murid mengenal bunyi eu yang terdapat dalam gambar
binatang dan tumbuh-tumbuhan ►Murid mementukan pemakaian bunyi vokal é, e dan eu
sesuai dengan gambar binatang dan tumbuh-tumbuhan yang tertera |
● Dapat menyimak wacana “Sasatoan jeung Tutuwuhan”
dengan sikap yang baik ● Dapat melafalkan bunyi é, e, dan eu yang terdapat
dalam gambar binatang dan tumbuh-tumbuhan ● Dapat menentukan bunyi vokal é, e, dan eu sesuai
dengan gambar binatang dan tumbuh-tumbuhan yang tertera |
- Pertanyaan lisan - Ulangan harian |
2 jam pelajaran |
Buku Paket Pangrumat
Basa Sunda Pikeun Murid SD Kelas 1 |
4. Menulis (Nulis) 1.4 Mampu menulis, mengungkapkan pikiran, perasaan, dan
keinginan secara tertulis dalam berbagai bentuk dan jenis tulisan huruf
lepas, suku kata (engang), dan
kalimat sederhana |
1.4.1 Menulis atau menyalin huruf lepas 1.4.2 Menulis atau menyalin suku kata |
Menulis vokal
dan melengkapi kata |
►Murid menulis huruf vokal dengan baik dan benar ►Murid melengkapi kata dengan huruf vokal yang benar ►Murid mencocokkan kata sesuai dengan gambar ►Murid menyalin kata yang bervokal rangkap |
● Dapat menulis huruf vokal dengan baik dan benar ● Dapat melengkapi kata dengan huruf vokal yang benar ● Dapat mencocokkan kata sesuai dengan gambar ● Dapat menyalin kata bervokal rangkap |
Tugas tertulis |
2 jam pelajaran |
Buku Paket Pangrumat
Basa Sunda Pikeun Murid SD Kelas 1 |
SILABUS PANGRUMAT BASA SUNDA UNTUK SD/MI KELAS I
SILABUS 4
Standar Kompetensi |
Kompetensi Dasar |
Materi Pokok |
Pengalaman Belajar |
Indikator |
Jenis Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber Belajar |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
2.. Berbicara (Nyarita) 1.2 Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan, dan
keinginan secara lisan dalam percakapan (guneman)
permintaan ijin, perkenalan (ngawanohkeun)
diri, nyebutkeun berbagai jenis gambar dan gambar bercerita |
1.2.4 Menyebut-kan berbagai jenis gambar benda |
Menyebutkan gambar peralatan rumah |
► Murid menyebutkan nama-nama benda “Pakakas Rumah” ► Murid menyebutkan kegunaan “Pakakas Rumah” |
● Dapat menyebutkan nama-nama benda “Pakakas Rumah” ● Dapat menyebutkan kegunaan “Pakakas Rumah” |
- Responsi - Pertanyaan lisan - Ulangan harian |
2 jam pelajaran |
Buku Paket Pangrumat
Basa Sunda Pikeun Murid SD Kelas 1 |
3. Membaca (Maca) 1.3 mampu membaca, memahami, dan menanggapi berbagai
bentuk dan jenis wacana tulis (teks) berupa kata-kata lepas, kalimat lepas,
serta wacana pendek |
1.3.2 membaca kalimat lepas dua kata |
Membaca kalimat dua kata |
►Murid membaca “Pakakas Rumah” dengan sikap yang baik ►Murid membaca kalimah yang terdiri atas dua kata |
● Dapat membaca wacana “Pakakas Rumah” dengan sikap
yang baik ● Dapat membaca kalimah yang terdiri atas dua kata |
- Responsi - Pertanyaan lisan - Ulangan harian |
2 jam pelajaran |
Buku Paket Pangrumat
Basa Sunda Pikeun Murid SD Kelas 1 |
SILABUS PANGRUMAT BASA SUNDA UNTUK SD/MI KELAS I
SILABUS 5
Standar Kompetensi |
Kompetensi Dasar |
Materi Pokok |
Pengalaman Belajar |
Indikator |
Jenis Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber Belajar |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
4. Menulis (Nulis) 1.4 Mampu menulis, mengungkapkan pikiran, perasaan, dan
keinginan secara tertulis dalam berbagai bentuk dan jenis tulisan huruf
lepas, suku kata (engang), dan
kalimat sederhana |
1.4.1 Menulis atau menyalin huruf lepas 1.4.3 Menulis kata dwisuku |
- Menyalin huruf sambung - Menulis kata dengan huruf sambung |
► Murid menulis huruf sambung dengan baik ► Murid menulis kata dengan huruf sambung |
● Dapat menulis huruf sambung dengan baik ● Dapat menulis kata dengan huruf sambung |
- Responsi - Pertanyaan lisan - Ulangan harian |
2 jam pelajaran |
Buku Paket Pangrumat
Basa Sunda Pikeun Murid SD Kelas 1 |
3. Membaca (Maca) 1.3 mampu membaca, memahami, dan menanggapi berbagai
bentuk dan jenis wacana tulis (teks) berupa kata-kata lepas, kalimat lepas,
serta wacana pendek |
1.3.1 membaca kata-kata lepas yang mengandung kata asal
dwisuku (dua engang) |
Membaca kata yang terdiri atas dua suku kata, tiga suku
kata, dan empat suku kata |
►Murid membaca wacana “Tempat Umum” dengan sikap yang
baik ►Murid membaca kata yang terdiri atas dua suku kata
dengan baik ►Murid membaca kata yang terdiri atas tiga suku kata
dengan baik ►Murid membaca kata yang terdiri atas empat suku kata
dengan baik |
● Dapat membaca wacana “Tempat Umum” dengan sikap yang
baik ● Dapat membaca kata yang terdiri atas dua suku kata
dengan baik ● Dapat membaca kata yang terdiri atas tiga suku kata
dengan baik ● Dapat membaca kata yang terdiri atas empat suku kata
dengan baik |
- Responsi - Pertanyaan lisan - Ulangan harian |
2 jam pelajaran |
Buku Paket Pangrumat
Basa Sunda Pikeun Murid SD Kelas 1 |
SILABUS PANGRUMAT BASA SUNDA UNTUK SD/MI KELAS I
SILABUS 6
Standar Kompetensi |
Kompetensi Dasar |
Materi Pokok |
Pengalaman Belajar |
Indikator |
Jenis Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber Belajar |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
3. Membaca (Maca) 1.3 mampu membaca, memahami, dan menanggapi berbagai
bentuk dan jenis wacana tulis (teks) berupa kata-kata lepas, kalimat lepas,
serta wacana pendek |
1.3.1 membaca kata-kata lepas yang mengandung kata asal
dwisuku (dua engang) |
Membaca konsonan rangkap ng dan ny yang terdapat
dalam kata |
►Murid membaca wacana “kagiatan Sapopoe” dengan sikap
yang baik ►Murid membaca kata yang mengandung konsonan rangkap ng dengan baik ►Murid membaca kata yang mengandung konsonan rangkap ny dengan baik |
● Dapat membaca konsonan rangkap ng dengan baik ● Dapat membaca konsonan rangkap ny dengan baik |
- Responsi - Pertanyaan lisan/tulisan - Ulangan harian |
2 jam pelajaran |
Buku Paket Pangrumat
Basa Sunda Pikeun Murid SD Kelas 1 |
2.. Berbicara (Nyarita) 1.2 Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan, dan
keinginan secara lisan dalam percakapan (guneman)
permintaan ijin, perkenalan (ngawanohkeun)
diri, nyebutkeun berbagai jenis gambar dan gambar bercerita |
1.2.5 Menerang-kan berbagai jenis gambar peristiwa |
Menceritakan gambar |
► Murid menceritakan kegiatan sehari-hari yang terdapat
di dalam gambar |
● Dapat menceritakan kegiatan sehari-hari yang terdapat
di dalam gambar |
- Responsi - Pertanyaan lisan/tulisan - Ulangan harian |
2 jam pelajaran |
Buku Paket Pangrumat
Basa Sunda Pikeun Murid SD Kelas 1 |
SILABUS PANGRUMAT BASA SUNDA UNTUK SD/MI KELAS I
SILABUS 7
Standar Kompetensi |
Kompetensi Dasar |
Materi Pokok |
Pengalaman Belajar |
Indikator |
Jenis Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber Belajar |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
4. Menulis (Nulis) 1.4 Mampu menulis, mengungkapkan pikiran, perasaan, dan
keinginan secara tertulis dalam berbagai bentuk dan jenis tulisan huruf
lepas, suku kata (engang), dan
kalimat sederhana |
1.4.5 Menulis/me-nyalin kalimat sederhana |
Melengkapi kalimat secara tertulis |
► Murid melengkapi kalimat secara tertulis dengan
kata-kata yang tepat ► Murid menyalin kalimat sederhana dengan baik ► Murid menuliskan kalimat sederhana yang dilisankan
oleh guru |
● Dapat melengkapi kalimat secara tertulis dengan
kata-kata yang tepat ● Dapat menyalin kalimat sederhana dengan baik ● Dapat menuliskan kalimat sederhana yang dilisankan
oleh guru |
- Responsi - Pertanyaan lisan/tulisan - Ulangan harian |
2 jam pelajaran |
Buku Paket Pangrumat
Basa Sunda Pikeun Murid SD Kelas 1 |
2.. Berbicara (Nyarita) 1.2 Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan, dan
keinginan secara lisan dalam percakapan (guneman)
permintaan ijin, perkenalan (ngawanohkeun)
diri, nyebutkeun berbagai jenis gambar dan gambar bercerita |
1.2.5 Menerang-kan berbagai jenis gambar peristiwa |
Menceritakan gambar |
► Murid menceritakan gambar dan peristiwanya |
● Dapat menceritakan peristiwa yang termuat di dalam
gambar dengan baik |
- Responsi - Pertanyaan lisan/tulisan - Ulangan harian |
2 jam pelajaran |
Buku Paket Pangrumat
Basa Sunda Pikeun Murid SD Kelas 1 |
SILABUS PANGRUMAT BASA SUNDA UNTUK SD/MI KELAS I
SILABUS 8
Standar Kompetensi |
Kompetensi Dasar |
Materi Pokok |
Pengalaman Belajar |
Indikator |
Jenis Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber Belajar |
||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
||
1. Menyimak (Ngaregepkeun) 1.1 Mampu menyimak (ngaregepkeun, memahami, serta
menanggapi berbagai jenis bunyi bahasa (sora basa), dongeng dan perintah
(parentah) sederhana. |
1.1.3 Menyimak dan menanggapi dengan perbuatan 1.14 Menyimak perintah sederhana |
- Menyimak perintah - Menyimak cerita - Menjawab pertanyaa |
► Murid menyimak perintah guru dengan baik ► Murid menyimak perintah yang disarankan guru dengan
baik ►Murid menjawab pertanyaan yang diajukan guru dengan
baik |
● Dapat menyimak dengan sikap yang baik ● Dapat mengerjakan perintah dengan baik ● Dapat menjawab pertanyaan dengan baik |
- Responsi - Pertanyaan lisan/tulisan - Ulangan harian |
2 jam pelajaran |
Buku Paket Pangrumat
Basa Sunda Pikeun Murid SD Kelas 1 |
|
|
2.. Berbicara (Nyarita) 1.2 Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan, dan
keinginan secara lisan dalam percakapan (guneman)
permintaan ijin, perkenalan (ngawanohkeun)
diri, nyebutkeun berbagai jenis gambar dan gambar bercerita |
1.2.4 Menyebut-kan berbagai jenis gambar 1.2.5 Menerang-kan berbagai jenis gambar peristiwa |
Menceritakan gambar |
► Murid menceritakan gambar dan peristiwanya dengan
sikap yang baik ► Murid menyebutkan nama-nama teman sekelasnya dengan
baik |
● Dapat menceritakan gambar dengan peristiwanya dengan
baik ● Dapat menyebutkan dan menceritakan nama-nama teman
sekelasnya dengan baik |
- Responsi - Pertanyaan lisan/tulisan - Ulangan harian |
2 jam pelajaran |
Buku Paket Pangrumat
Basa Sunda Pikeun Murid SD Kelas 1 |
||
SILABUS PANGRUMAT BASA SUNDA UNTUK SD/MI KELAS I
SILABUS 9
Standar Kompetensi |
Kompetensi Dasar |
Materi Pokok |
Pengalaman Belajar |
Indikator |
Jenis Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber Belajar |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
3. Membaca (Maca) 1.3 mampu membaca, memahami, dan menanggapi berbagai
bentuk dan jenis wacana tulis (teks) berupa kata-kata lepas, kalimat lepas,
serta wacana pendek |
1.3.4 membaca wacana (teks) pendek tiga kalimat |
- Membaca kalimat - Membaca wacana (teks) pendek - menjawab pertanyaa -Melengkapi kalimat |
►Murid membaca kalimat dengan baik ►Murid membaca wacana (teks) pendek dengan baik ►Murid menjawab pertanyaan dari teks pendek yang
dibacanya ►Murid melengkapi kalimat dan membacanya dengan baik |
● Dapat membaca kalimat dengan baik ● Dapat membaca wacana (teks) pendek dengan baik ● Dapat menjawab pertanyaan dari teks pendek yang
dibacanya ● Dapat melengkapi kalimat dan membacanya dengan baik |
- Responsi - Pertanyaan lisan/tulisan - Ulangan harian |
2 jam pelajaran |
Buku Paket Pangrumat
Basa Sunda Pikeun Murid SD Kelas 1 |
2.. Berbicara (Nyarita) 1.2 Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan, dan keinginan
secara lisan dalam percakapan (guneman)
permintaan ijin, perkenalan (ngawanohkeun)
diri, nyebutkeun berbagai jenis gambar dan gambar bercerita |
1.2.3 memper-kenalkan diri |
Memperkenal-kan (ngawanoh-keun)
diri |
► Murid mengenalkan diri dengan sikap yang baik ► Murid mengenalkan nama kedua orang tua dan nama
saudaranya dengan baik ► Murid mengemukakan pekerjaan kedua orang tuanya
dengan baik |
● Dapat mengenalkan
diri dengan sikap yang baik ● Dapat mengenalkan
nama kedua orang tua dan nama saudaranya dengan baik ● Dapat mengemukakan
pekerjaan kedua orang tuanya dengan baik |
- Responsi - Pertanyaan lisan/tulisan - Ulangan harian |
2 jam pelajaran |
Buku Paket Pangrumat
Basa Sunda Pikeun Murid SD Kelas 1 |
SILABUS PANGRUMAT BASA SUNDA UNTUK SD/MI KELAS I
SILABUS 10
Standar Kompetensi |
Kompetensi Dasar |
Materi Pokok |
Pengalaman Belajar |
Indikator |
Jenis Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber Belajar |
||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
||
2.. Berbicara (Nyarita) 1.2 Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan, dan
keinginan secara lisan dalam percakapan (guneman)
permintaan ijin, perkenalan (ngawanohkeun)
diri, nyebutkeun berbagai jenis gambar dan gambar bercerita |
1.2.2 Mengemu-kakan permintaan izin |
- Permintaan izin kepada teman - Permintaan izin kepada orang tua - Permintaan izin kepada guru |
► Murid mengucapkan kalimat permintaan izin kepada
teman dengan sikap yang baik dan santun ► Murid mengucapkan kalimat permintaan izin kepada
kedua orang tua dengan baik dan santun ► Murid mengucapkan kalimat permintaan izin jepada guru
dengan baik dan santun |
● Dapat mengucapkan
kalimat permintaan izin kepada teman dengan sikap yang baik dan santun ● Dapat mengucapkan
kalimat permintaan izin kepada kedua orang tua dengan baik dan santun ● Dapat
mengucapkan kalimat permintaan izin jepada guru dengan baik dan santun |
- Responsi - Pertanyaan lisan/tulisan - Ulangan harian |
2 jam pelajaran |
Buku Paket Pangrumat
Basa Sunda Pikeun Murid SD Kelas 1 |
||
1. Menyimak (Ngaregepkeun) 1.1 Mampu menyimak (ngaregepkeun, memahami, serta menanggapi
berbagai jenis bunyi bahasa (sora basa), dongeng dan perintah (parentah)
sederhana. |
1.1.2 Menyimak dongeng yang dibacakan guru |
Menyimak dongeng “Embe jeung Kelenci” |
► Murid menyimak dongeng “Embe jeung Kelenci” dengan
sikap yang baik ► Murid melengkapi kalimat dengan tepat berdasarkan isi
dongeng yang disimaknya ►Murid menuliskan kalimat yang disimaknya dengan baik |
● Dapat menyimak isi dongeng “Embe jeung Kelenci”
dengan sikap yang baik ● Dapat melengkapi kalimat dengan tepat berdasarkan isi
dongeng yang disimaknya ● Dapat menuliskan kalimat yang disimaknya dengan baik |
- Responsi - Pertanyaan lisan/tulisan - Ulangan harian |
2 jam pelajaran |
Buku Paket Pangrumat
Basa Sunda Pikeun Murid SD Kelas 1 |
|
|
SILABUS PANGRUMAT BASA SUNDA UNTUK SD/MI KELAS I
SILABUS 11
Standar Kompetensi |
Kompetensi Dasar |
Materi Pokok |
Pengalaman Belajar |
Indikator |
Jenis Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber Belajar |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
3. Membaca (Maca) 1.3 mampu membaca, memahami, dan menanggapi berbagai
bentuk dan jenis wacana tulis (teks) berupa kata-kata lepas, kalimat lepas,
serta wacana pendek |
1.3.3 Membaca kalimat lepas tiga kata 1.3.4 Membaca wacana (teks) pendek tiga kalimat |
- Membaca kalimat - Membaca wacana (teks) pendek “Ngibing Jaipong” |
►Murid membaca kalimat lepas dengan baik ►Murid membaca wacana (teks) pendek dengan baik |
● Dapat membaca kalimat lepas dengan sikap yang baik ● Dapat membaca wacana (teks) pendek dengan sikap yang baik |
- Responsi - Pertanyaan lisan/tulisan - Ulangan harian |
2 jam pelajaran |
Buku Paket Pangrumat
Basa Sunda Pikeun Murid SD Kelas 1 |
2.. Berbicara (Nyarita) 1.2 Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan, dan
keinginan secara lisan dalam percakapan (guneman)
permintaan ijin, perkenalan (ngawanohkeun)
diri, nyebutkeun berbagai jenis gambar dan gambar bercerita |
1.2.1 Bercakap-cakap dengan teman |
- Memerankan percakapan (Ngaraga-keun paguneman) |
► Murid melakukan percakapan dengan teman-temannya di
depan kelas dengan sikap yang baik |
● Dapat melakukan
percakapan dengan teman-temannya di depan kelas dengan sikap yang baik |
- Responsi - Pertanyaan lisan/tulisan - Ulangan harian |
2 jam pelajaran |
Buku Paket Pangrumat
Basa Sunda Pikeun Murid SD Kelas 1 |
SILABUS PANGRUMAT BASA SUNDA UNTUK SD/MI KELAS I
SILABUS 12
Standar Kompetensi |
Kompetensi Dasar |
Materi Pokok |
Pengalaman Belajar |
Indikator |
Jenis Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber Belajar |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
2.. Berbicara (Nyarita) 1.2 Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan, dan
keinginan secara lisan dalam percakapan (guneman)
permintaan ijin, perkenalan (ngawanohkeun)
diri, nyebutkeun berbagai jenis gambar dan gambar bercerita |
1.2.1 Bercakap-cakap dengan teman |
- Memerankan percakapan (Ngaraga-keun paguneman) - Melengkapi percakapan dan memeran-kannya |
► Murid melakukan percakapan sesuai dengan wacana
“Ngalongok Babaturan” dengan baik ► Murid ngajawab pertanyaan berdasarkan isi wacana
percakapan “Ngalongok Babaturan” |
● Dapat melakukan
percakapan sesuai dengan wacana “Ngalongok Babaturan” dengan baik ● Dapat ngajawab
pertanyaan berdasarkan isi wacana percakapan “Ngalongok Babaturan” |
- Responsi - Pertanyaan lisan/tulisan - Ulangan harian |
2 jam pelajaran |
Buku Paket Pangrumat
Basa Sunda Pikeun Murid SD Kelas 1 |
3. Membaca (Maca) 1.3 mampu membaca, memahami, dan menanggapi berbagai
bentuk dan jenis wacana tulis (teks) berupa kata-kata lepas, kalimat lepas,
serta wacana pendek |
1.3.3 Membaca kalimat lepas tiga kata 1.3.4 Membaca wacana (teks) pendek tiga kalimat |
- Membaca kalimat - Membaca wacana |
►Murid membaca kalimat lepas dengan sikap yang baik ►Murid membaca wacana (teks) pendek dengan sikap yang baik ►Murid menjawab pertanyaan sesuai dengan isi wacana
yang telah dibacanya |
● Dapat membaca kalimat lepas dengan sikap yang baik ● Dapat membaca wacana (teks) pendek dengan sikap yang
baik ● Dapat menjawab pertanyaan sesuai dengan isi wacana
yang telah dibacanya |
- Responsi - Pertanyaan lisan/tulisan - Ulangan harian |
2 jam pelajaran |
Buku Paket Pangrumat
Basa Sunda Pikeun Murid SD Kelas 1 |
Komentar
Posting Komentar